Manusia

Jumat, 11 Mei 2012

Strategi Belajar Mengajar



 Strategi Belajar Mengajar
Keterkaitan antara Komponen-Komponen Pembelajaran
1.        Tujuan (Indikator)
Menjelaskan hubungan frekuensi yang didengar oleh pendengar dengan sumber gerak pendengar.
2.        Materi
Efek dopler adalah apabila sumber bunyi dan pendengar bergerak saling mendekati, maka frekuensi yang terdengar lebih besar daripada frekuensi sumber bunyi, sedangkan ketika sumber bunyi dan pendengar bergerak saling menjauhi, maka frekuensi yang terdengar lebih kecil daripada frekuensi sumber bunyi.
                Frekuensi adalah banyaknya gelombang/getaran tiap satuan waktu.
                Cepat rambat gelombang adalah panjang gelombang persatuan waktu. 
3. KBM
a.         Pendahuluan
Prasyarat : menanyakan kembali : pengertian frekuensi dan kecepatan rambat bunyi.
Motivasi  : bagaimana bunyi tepukan tangan Guru yang terdengar  oleh siswa, saat Guru bertepuk tangan sambil berjalan melewati Siswa?
b.         Kegiatan Inti
Ø  Siswa dengan bimbingan guru mendemonstrasikan efek dopler dengan menggunakan sebuah bel.
Ø  Siswa menggambarkan sebuah pristiwa saat terjadi efek dopler.
Ø  Siswa mendiskusikan frekuensi gelombang bunyi yang diterima oleh pendengar.
c.         Penutup
            Siswa menyimpulkan tingginya frekuensi yang diterima oleh pendengar ada pengaruhnya terhadap gelombang yang masuk ke telinga pendengar dibawah bimbingan guru.

Metode
*                  Metode demonstrasi
*                  Metode tanya jawab
*                  Metode diskusi

5. Alat
v  Bel
v   Gambar
6. Sumber Pelajaran
                   Supiyanto.2006.Fisika untuk SMA kelas XII.Jakarta.Phibeta
Evaluasi
            Jenis tagihan : tes
            Bentuk instrumen : tes uraian
*      Contoh Instrument :
*      Soal  :
            Sebuah mobil polisi bergerak dengan kecepatan 30 m/s sambil membunyikan sirine dengan frekuensi 620 Hz ketika mengejar pengendara sepeda motor yang melanggar rambu lalu lintas. Tentukan frekuensi sirine yang terdengar oleh pengendara motor jika motor bergerak dengan kecepatan 20 m/s dan cepat rambat bunyi di udara 340 m/s.
                         
¢  Penyelesaian
             Diketahui :
            Vs = 30 m/s
            Fs = 620 Hz
            Vp = 20 m/s
            V = 340 m/s
            Frekuensi yang didengar oleh pendengar motor adalah : 


SELESAI