Strategi Belajar Mengajar
Keterkaitan antara Komponen-Komponen Pembelajaran
Keterkaitan antara Komponen-Komponen Pembelajaran
1.
Tujuan (Indikator)
Menjelaskan
hubungan frekuensi yang didengar oleh pendengar dengan sumber gerak pendengar.
2.
Materi
Efek
dopler adalah apabila sumber bunyi dan pendengar bergerak saling mendekati, maka
frekuensi yang terdengar lebih besar daripada frekuensi sumber bunyi, sedangkan
ketika sumber bunyi dan pendengar bergerak saling menjauhi, maka frekuensi yang
terdengar lebih kecil daripada frekuensi sumber bunyi.
Frekuensi
adalah banyaknya gelombang/getaran tiap satuan waktu.
Cepat rambat
gelombang adalah panjang gelombang persatuan waktu.
3. KBM
a.
Pendahuluan
Prasyarat
: menanyakan kembali : pengertian frekuensi dan kecepatan rambat bunyi.
Motivasi : bagaimana bunyi tepukan tangan Guru yang terdengar oleh siswa, saat Guru bertepuk tangan sambil
berjalan melewati Siswa?
b.
Kegiatan Inti
Ø Siswa
dengan bimbingan guru mendemonstrasikan efek dopler dengan menggunakan sebuah
bel.
Ø Siswa
menggambarkan sebuah pristiwa saat terjadi efek dopler.
Ø Siswa
mendiskusikan frekuensi gelombang bunyi yang diterima oleh pendengar.
c.
Penutup
Siswa menyimpulkan tingginya
frekuensi yang diterima oleh pendengar ada pengaruhnya terhadap gelombang yang
masuk ke telinga pendengar dibawah bimbingan guru.
Metode
Metode demonstrasi
Metode tanya jawab
Metode diskusi
5. Alat
v Bel
v Gambar
6. Sumber Pelajaran
Supiyanto.2006.Fisika
untuk SMA kelas XII.Jakarta.Phibeta
Evaluasi
Jenis tagihan : tes
Bentuk instrumen : tes uraian
Contoh Instrument :
Soal
:
Sebuah
mobil polisi bergerak dengan kecepatan 30 m/s sambil membunyikan sirine dengan
frekuensi 620 Hz ketika mengejar pengendara sepeda motor yang melanggar rambu
lalu lintas. Tentukan frekuensi sirine yang terdengar oleh pengendara motor
jika motor bergerak dengan kecepatan 20 m/s dan cepat rambat bunyi di udara 340
m/s.
¢ Penyelesaian
Diketahui :
Vs = 30 m/s
Fs = 620 Hz
Vp = 20 m/s
V = 340 m/s
Frekuensi yang didengar oleh pendengar motor adalah :
SELESAI